Cara Mengembalikan Data Flashdisk Yang Hilang

Pernahkah data yang Anda simpan di flashdisk hilang? Padahal saat dilihat dari properties flashdisk,  terlihat bahwa flashdisk tidaklah kosong. Dan tambah lagi, Anda tidak berani untuk mem-format flashdisk tersebut karena di dalamnya ada data penting Anda.


Penyebab dari hal tersebut biasanya adalah virus. Virus lah yang membuat file di dalam flashdisk Anda hilang dengan mengubah atribut file menjadi super hidden.

Bagaimana cara untuk mengembalikannya agar terlihat? Caranya mudah. Ada 2 cara. Yang pertama dengan menggunakan software bawaan windows yaitu command prompt atau CMD. Untuk cara pertama di internet banyak caranya, misalnya di blog ini wahyu-iwe.blogspot.com

Cara kedua, adalah dengan menggunakan software pihak ketiga. Software yang sering saya pakai adalah software free commander. Cara menggunakannya sama seperti pada postingan saya sebelumnya tentang virus beautiful girl.

Pertama buka free commander yang sudah Anda install, dan pilih drive flashdisk Anda. Klik file di flashdisk Anda yang superhidden. Secara default semua file akan terlihat.


Kemudian pilih File dan pilih Attibutes/Timestamp...


Selanjutnya ceklist Set attibutes dan hilangkan tanda pada check box Hidden dan System. Terakhir klik OK.



Setelah melakukan cara di atas insya Allah data di flashdisk Anda akan terlihat. Tapi bila Anda pasang flashdisk Anda di komputer bervirus, maka kisah sedih Anda akan terulang kembali.

Maka sebaiknya setelah data Anda terlihat, lebih baik segera di backup di tempat lain. Dan bila komputer Anda memang bervirus, lebih baik dibersihkan dulu virusnya. Kalau virusnya bandel, mending diinstall ulang saja. Selesai diinstall ulang, semua drive discan menggunakan antivirus.

Bila Anda menggunakan komputer warnet yang ternyata bervirus, gak usah ngotot untuk menyuruh pemilik warnet untuk membersihkan virus atau menginstall ulang komputernya. Bila Anda ngotot dengan mengatakan "Bang, komputer Abang di sini kok bervirus semua sih. Diinstall ulang aja kenapa?", pasti pemilik warnet akan bilang "Wow, Anda tidak cocok kerja di air. Anda lebih cocok jadi penjaga warnet." :D

1 comment:

  1. I have used Kaspersky security for many years now, and I recommend this product to all of you.

    ReplyDelete