Tips Aktivasi Lisensi 1 Tahun Kaspersky Anti Virus 2013

Ketika browsing di internet saya tidak sengaja menemukan sebuah blog yang berisi cara untuk mendapatkan lisensi antivirus Kaspersky 2013 selama 1 tahun. Pasti hampir semua orang akan tertarik untuk menggunakan antivirus yang selalu berada di peringkat atas antivirus terbaik dunia. Walaupun sekarang versi yang terbaru adalah Kaspersky 2014, tapi support terhadap kaspersky 2013 tentu masih didukung sepenuhnya oleh pembuat antivirus ini. Dan yang paling penting adalah, lisensi yang kita miliki adalah resmi dan tidak akan diblokir oleh pihak Kaspersky.

Antivirusnya sebenarnya adalah kerja sama antara Kaspersky dengan Asus dan gratis untuk motherboard Asus tipe tertentu. Tapi dengan cara tertentu, lisensinya bisa dipakai untuk komputer dengan motherboard apa saja. Tentu saja spesifikasi komputernya harus mendukung. Untuk selanjutnya bila Anda lebih hebat dan lebih senang untuk membaca posting berbahasa inggris dari pada bahasa Indonesia, silahkan baca saja langsung caranya di blog raymond.cc  :D.

Bila tidak, maka baca saja cara yang sudah saya terjemahkan seperti berikut:

1. Download dan install 7zip. Bila Anda belum punya, download di sini 
Satu hal penting kalau Anda punya Kaspersky yang terinstall di komputer Anda, silahkan uninstall bersih dengan menggunakan kaspersky remover

2. Download Kaspersky di sini dan download file KAV13014190_ROG.zip.


3. Setelah filenya selesai di download, klik kanan dan pilih "extract to KAV13014190_ROG\"


4. Selanjutnya masuk ke folder KAV13014190_ROG dan klik kanan file kavkis.msi. Pilih "Extract Here...". Akan ada hasil ekstrak file bernama cbi.dll yang merupakan file aktivasi antivirus Kaspersky Antivirus. Copy file cbi.dll.


5. Buat folder baru bernama "Kaspersky Lab" (tanpa tanda kutip) secara manual di C:\Program Files dan kemudian di dalam folder Kaspersky Lab tersebut buat sebuah folder bernama Kaspersky Anti-Virus 2013. Hirarki dari folder yang sudah dibuat untuk pengguna sistem 32-bit adalah:

C:\Program Files\Kaspersky Lab\Kaspersky Anti-Virus 2013

Untuk pengguna sistem 64-bit hirarki folder yang harus di buat adalah:

C:\Program Files (86)\Kaspersky Lab\Kaspersky Anti-Virus 2013

Seterusnya paste-kan file cbi.dll tadi ke folder Kaspersky Anti-Virus 2013.

6. Selanjutnya adalah membuat folder di C:\ProgramData. Folder yand dibuat bernama "Kaspersky Lab", dan kemudian di dalamnya buat lagi folder "AVP13" dan di dalam folder AVP13 dibuat folder "Data". Catatan bahwa folder ProgramData defaultnya adalah hidden sehingga harus di set dulu agar bisa terlihat, yaitu dari Control Panel --> Folder Options. Hirarki yang terbentuk adalah:

C:\ProgramData\Kaspersky Lab\AVP13\Data



 7. Kembali ke folder KAV13014190_ROG pada langkah 3 dan double klik untuk membuka file kavkis.cab (bukan file msi seperti sebelumnya). Di dalamnya ada lisensi Kaspersky dengan nama _1AA7CD13.key. Copy dan paste-kan file tersebut ke folder Data yang dibuat pada langkah 6.

8. Sekarang lisensi kaspersky Asus ROG sudah ditempatnya. Waktunya untuk mendownload installer kaspersky Anti-Virus 2013 dari website kaspersky. Anda JANGAN mendownload installer yang linknya  mengarah pada trial installer, atau Anda hanya akan mendapat kaspersky trial 30 hari saja. Sebagai referensi installer yang saya gunakan adalah kav13.0.1.4190abcdefEN_4395. Selanjutnya install kaspersky yang sudah Anda download. 

 

9. Setelah diinstall, Anda akan lihat bahwa Kaspersky Anda sudah memiliki lisensi 365 hari.

Catatan Penting: Satu lisensi hanya untuk 1 komputer. Untuk menghindari blokir bila digunakan dibanyak komputer, jangan gunakan key ROG yang sama  untuk dua komputer dari lokasi yang sama (memiliki IP yang sama).

2 comments: