Cara Membuat Hotspot Tanpa Connectify

Pada postingan saya sebelumnya, yaitu cara sharing internet via wifi, kita bisa berbagi koneksi internet dengan membuat jaringan ad hoc. Di postingan kali ini, kita akan berbagi koneksi internet dengan membuat jaringan hotspot. Sebenarnya ada software yang bisa digunakan untuk mengubah laptop menjadi access point (hotspot) yaitu connectify. Dan banyak postingan di berbagai blog yang membahas cara membuat jaringan hotspot menggunakan connectify.

Akan tetapi, saya ingin berbagi cara untuk membuat access point (hotspot) tanpa menggunakan connectify. Di sini kita hanya menggunakan perintah-perintah di command prompt (cmd). Memang menggunakan connectify lebih mudah dan memiliki tampilan yang bagus. Akan tetapi kadang, seperti saya pribadi agak malas untuk install dan menggunakan connectify. Saya lebih memilih cara manual ini.

Caranya klik start menu, ketik cmd dan kemudian tekan Enter. Maka akan terbuka jendela Command Prompt. Selanjutnya ketikkan baris perintah berikut secara berurut:
netsh
wlan
set hostednetwork mode=allow ssid=ismiaprial key=12345678
start hostednetwork
Catatan: ganti tulisan warna merah dengan nama dan password hotspot yang Anda inginkan.

Setelah melakukan cara di atas, maka di control panel, bagian network connection akan muncul adapter baru yaitu wireless network connection 2 , Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter yang merupakan adapter kartu jaringan virtual. Angka 2 tergantung kondisi. Pada laptop Anda bisa saja yang ada adalah angka  3. Mungkin ini terjadi kalau di laptop Anda terinstall aplikasi pembuat hotspot seperti connectify, karena pada dasarnya semua software pembuat hotspot akan membuat kartu wifi virtual Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter.


Setelah perintah start hostednetwork, maka laptop atau perangkat lain akan mendeteksi hotspot Anda. Langkah selanjutnya adalah sharing profile internet seperti yang dijelaskan pada postingan saya sebelumnya. Bila pada postingan sebelumnya yang disharing adalah lewat wireless network connection, maka disini internetnya disharing lewat wireless network connection 2.

Demikianlah cara membuat hotspot tanpa menggunakan connectify. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment