Remote Desktop Menggunakan TeamViewer

Suatu waktu ada masalah dengan software di komputer teman Anda. Anda ditanya bagaimana cara memperbaikinya. Teman Anda ini tinggal jauh dan Anda sendiri tidak tahu bagaimana caranya kalau tidak melihat secara langsung apa masalahnya. Bagaimana solusinya?

Bila demikian halnya, Anda bisa menggunakan fasilitas remote desktop atau aplikasi yang digunakan untuk mengontrol sebuah komputer dari jarak jauh. Yang menjadi syarat adalah kedua komputer terhubung ke jaringan LAN maupun internet. Dengan remote desktop ini Anda akan melihat layar komputer teman di komputer Anda seolah-olah Anda sedang duduk di depannya. 

Windows memiliki fasilitas remote desktop bawaan yang bisa digunakan untuk hal ini. Tapi aplikasi bawaan ini memiliki keterbatasan-keterbatasan yang membuatnya tidak terlalu nyaman untuk digunakan. Solusinya, ada software bernama TeamViewer yang bisa digunakan untuk remote desktop. TeamViwer asli buatan Indonesia dan sudah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia. 



Untuk menggunakan TeamViewer sangat mudah. Pertama, install TeamViewer pada kedua komputer yang akan dihubungkan. Setelah terinstall, pastikan Anda terhubung ke internet. Kemudian buka aplikasi TeamViewer. Pada window TeamViewer akan tampak ID dan juga password untuk komputer kita. Setelah itu kita minta ID dan password dari teman kita untuk bisa terhubung. Apabila tidak ada masalah, maka kita akan melihat layar komputer teman kita tampil di layar komputer kita. Kita bisa melakukan apa saja seolah-olah komputer teman kita sedang kita pakai. Berikut contoh screenshotnya.



Kelebihan TeamViewer ini adalah mudah digunakan. Selain itu, ada fasilitas file transfer yang bisa digunakan untuk transfer file dari satu komputer ke komputer yang lain. Kemudian ada juga fasilitas meeting yang memungkinkan kita untuk mengadakan rapat online tanpa harus berkumpul di satu tempat yang sama. Fasilitas meeting ini dilengkapi juga dengan chatting dan video call, dan juga presentasi online. Dan untuk tahu lebih lanjut lagi tentang TeamViewer ini, silahkan Anda coba sendiri dan rasakan kelebihannya meskipun memang kelebihan - kelebihannya haruslah didukung oleh kecepatan koneksi yang memadai.

TeamViewer adalah software gratis untuk penggunaan non commercial. Untuk penggunaan commercial dan untuk mendapatkan semua fitur yang lebih lengkap tentu saja ada versi berbayarnya.
Untuk mendownload TeamViewer silahkan download di sini. Download, install dan coba gunakan bersama dengan teman Anda.

No comments:

Post a Comment