Tips Belajar Bahasa Pemrograman

Bila kita adalah seorang pemula,ingin mempelajari dan ingin mahir suatu bahasa pemrograman, hal yang pertama harus kita persiapkan adalah motivasi diri untuk sabar dan tekun, dan berjanji untuk tidak akan menyerah. Kenapa demikian? Karena seringkali akan ada banyak masalah yang kita jumpai dan tentu masalah yang paling berat datang dari kita sendiri, seperti rasa jenuh, bosan, tidak sabaran, dan lain sebagainya. Kita harus bertekad, kalau kita pasti akan melewati itu semua, seiring dengan waktu dan kesabaran kita, semuanya pasti akan menjadi mudah.


Seorang programmer biasanya harus mempunyai ingatan yang kuat dan logika berpikir yang baik. Untuk kita seorang pemula, apalagi dengan ingatan yang tidak cukup kuat, hal yang kembali harus kita ingat adalah kita tidak boleh menyerah. Logika berpikir kita akan tumbuh seiring dengan seringnya kita membuat dan mempelajari suatu masalah yang kita selesaikan dengan bahasa pemrograman yang kita pelajari. Teruslah melatih logika berpikir.

Dan kemudian, hal yang terpenting dalam belajar bahasa pemrograman adalah Learning By Doing. Mengerjakan contoh-contoh program yang terdapat pada suatu buku atau dari internet, kita compile sendiri, kita pikirkan alur logikanya, dan kita modifikasi programnya, adalah cara yang paling baik untuk menguasai suatu bahasa pemrograman.Talk less do more, teori less praktik more adalah cara yang efektif untuk belajar bahasa pemrograman.

Kembali ingat, hal-hal penting untuk menguasai sebuah bahasa pemrograman adalah sabar, tekun, pantang menyerah, dan Teori less Praktik more.
Semoga Anda jadi programmer yang handal....

NB :Tulisan ini sebenarnya hanya curahan hati, untuk memotivasi diri sendiri, yang ilmu pemrogramannya   masih dangkal karena masih dalam tahap pembelajaran  :)

3 comments:

  1. belajar bareng yu gan mau ga?
    saya juga bingung harus mulai dari mana.??

    saya tunggu balasannya di..

    http://ariansyah-nusantara.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. saya newbie yang ingin belajar tentang bahasa pemrograman untuk membuat web,,,kira kira mulai dari mana dan apa saja yang perlu dipersiapkan???
    terimakasih,,,

    jika berkenan mampir juga ke blog saya di,,

    http://www.J-elnick.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete